Berita Terbaru Teknologi

Keunggulan-Keunggulan Telegram Daripada WhatsApp

Keunggulan-Keunggulan Telegram Daripada WhatsApp
Posted by admin

Berita Terbaru Teknologi Saat ini, aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan instan terbesar di dunia. Sebagaimana layanan yang diakuisisi Facebook pada tahun 2014 ini, telah diunduh sebanyak lebih dari lima miliar kali. Itu artinya, WhatsApp digunakan oleh hampir dua pertiga populasi di seluruh dunia.

Meskipun begitu, WhatsApp bukan satu-satunya layanan perpesanan instan terbaik yang tersedia. Masih ada alternatif lain seperti Telegram yang baru-baru ini melampaui setengah miliar unduhan di Play Store.

Menariknya, Telegram juga memiliki sejumlah fitur luar biasa yang eksklusif alias tidak bisa ditemukan di layanan lain seperti WhatsApp. Apa saja itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya :

 

Keunggulan-Keunggulan Telegram Daripada WhatsApp

 

1. Menggunakan lebih dari satu nomor
Setiap pengguna WhatsApp pasti tahu apabila WhatsApp hanya memperbolehkan penggunanya untuk memiliki satu nomor di satu akun. Jadi meskipun HP pengguna telah mendukung dual-SIM, tidak ada cara untuk menggunakan keduanya di dalam satu akun WhatsApp.

Ini menyebalkan memang, namun tidak berlaku pada Telegram. Alih-alih membatasi, Telegram justru membebaskan penggunanya untuk menggunakan lebih dari satu nomor. Dengan begini, pengguna jadi bisa memiliki nomor personal dan bisnis di dalam satu akun Telegram yang sama.

2. Obrolan rahasia
Bagi mereka yang peduli dengan privasi dan tidak ingin obrolan mereka tersimpan di server layanan perpesanan yang mereka gunakan, Telegram jadi pilihan terbaik. Mengapa demikian? sebab di dalam Telegram, terdapat fitur ‘peduli privasi’ bernama Secret Chats.

Sesuai namanya, Secret Chats yang artinya obrolan rahasia, memungkinkan penggunanya untuk bisa memiliki obrolan privat yang akan terhapus secara otomatis dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Selain itu, obrolan tersebut juga tidak akan tersimpan di server Telegram.

3. Server proxy
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kepedulian Telegram terhadap privasi pengguna tidak berhenti di fitur obrolan rahasia saja. Lebih lanjut, Telegram juga menawarkan opsi bagi pengguna untuk mengatur server proxy yang dapat menyembunyikan lokasi pengguna layaknya VPN.

Untuk mengaturnya, pengguna hanya perlu pergi ke Settings > Data Storage > Proxy Settings, lalu memasukkan detail yang dibutuhkan. Fitur ini menjadi salah satu nilai jual utama Telegram dan alasan terbesar mengapa banyak yang menggunakan layanan buatan kakak beradik Nikolai dan Pavel Durov ini.

4. Bots
Sementara WhatsApp cenderung datar dengan hanya menawarkan kemampuan untuk melakukan obrolan via pesan atau video, Telegram tampil menarik dengan menghadirkan yang namanya bots. Seperti halnya Slack, Telegram dilengkapi dengan beragam bot.

Beberapa diantaranya dibuat untuk mempermudah hidup penggunanya seperti bot untuk mengetahui kondisi cuaca, untuk mengetahui musik apa yang sedang diputar dan lain-lain. Untuk memanfaatkan fitur keren ini, pengguna hanya perlu mengunduh bot yang diinginkan lalu mengoperasikannya.

5. Berbagi lokasi secara langsung
Selanjutnya adalah fitur berbagi lokasi. Telegram memberi penggunanya kemampuan untuk dapat berbagi lokasi secara langsung atau real-time dengan kontak yang diinginkan.

Cara pengoperasiannya sangat mudah di mana pengguna hanya perlu membuka pengaturan lampiran, lalu memilih berbagi lokasi. Ini akurat dan sangat membantu terutama bagi para orang tua yang khawatir dengan keberadaan anak mereka ketika sedang bermain. WhatsApp sebenarnya memiliki fitur seperti ini namun itu masih belum sebaik Telegram.

6. Poll 2.0
Pada awal tahun ini, Telegram mengumumkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman obrolan. Fitur baru tersebut diberi nama Poll 2.0 – yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai jenis polling (Visible Votes, Multiple Answers dan Quiz Mode) di dalam grup maupun obrolan.

Telegram menyebut jika fitur ini dibuat untuk memberikan penggunanya lebih banyak opsi untuk terlibat dan mengekspresikan pendapat mereka dengan cara memilih dari berbagai opsi. Sementara itu, WhatsApp belum terlihat tertarik menawarkan fitur serupa.

7. Telegram berjalan di Windows, macOS dan Linux secara native
Berbeda dengan WhatsApp yang untuk bisa diakses di PC harus melalui browser dan laman khusus, Telegram memudahkan penggunanya dengan menyediakan aplikasi sendiri untuk bisa diakses di platform yang lebih besar. Aplikasi tersebut berjalan secara native dan tersedia untuk hampir semua sistem operasi besar seperti Windows, macOS dan Linux. Selain lebih mudah karena step-by-step yang lebih efisien, lewat aplikasi native, aktivitas Telegram pengguna di aplikasi PC, juga bisa disinkronisasikan dengan aplikasi di HP.

 

Bagaimana , ingin pindah haluan ?

Leave A Comment