Berita Terbaru Teknologi

Perkenalkan Teknologi PULSE, Solusi Foto Blur

Perkenalkan Teknologi PULSE, Solusi Foto Blur
Posted by admin

Berita Terbaru Teknologi Baru-baru ini diketahui jika teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) hasil riset dari Duke University ini mampu memperbaiki foto wajah yang sangat buram (blur) hingga menjadi foto jernih dan jelas berkualitas high definition (HD).

Peneliti menyebut bahwa teknologi ini bisa meningkatkan resolusi foto hingga 64 kali lipat lebih tinggi. Teknologi berbasis AI sebelumnya hanya mampu meningkatkan kualitas hingga 8 kali lipat saja.

“Belum pernah dibuat gambar dengan resolusi (sebaik) ini dengan detail sebanyak ini pula,” ujar peneliti dari Duke University, Cyinthia Rudin, dilansir EurekAlert.

Meski begitu, teknologi ini tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang dari foto yang sangat kabur.

 

Perkenalkan Teknologi PULSE, Solusi Foto Blur

 

 

“(Teknologi) ini tidak akan mengubah foto yang tidak fokus dan tidak dapat dikenali dari kamera pengawas menjadi gambar yang jernih untuk orang yang sebenarnya,” lanjut Rudin.

“Namun, teknologi ini mampu menghasilkan wajah baru yang tidak sebenarnya ada namun terlihat sangat nyata,” kata Rudin menjelaskan teknologi yang dinamakan PULSE ini.Teknologi ini diharapkan dapat membantu sektor-sektor sains lainnya.

Beberapa diantaranya adalah sektor kesehatan, mikroskopik, astronomi, hingga citra dari satelit.PULSE mampu menghasilkan foto berkualitas HD sebagai hasil penggunaan pendekatan laindibandingkan dengan teknologi sejenis lainnya. Biasanya, teknologi lain akan “menebak”pixel-pixel tambahan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas suatu gambar.

Sementara PULSE menggunakan basis data foto wajah yang dimiliki dan mencari foto wajah yang paling mirip ketika resolusinya direndahkan sesuai dengan foto kabur yang dijadikan input tersebut.Sistem ini disebut sebagai Generative Adversarial Network atau GAN. Hasilnya, teknologiini mampu meningkatkan kualitas foto hingga 64 kali lipat, jauh lebih baik dariteknologi sejenis lainnya yang hanya mampu meningkatkan kualitas foto hingga 8 kali lipat saja.

Leave A Comment