Berita Terbaru Teknologi

Trik Sederhana Agar Data Diri Di SIM Card Selalu Aman

Trik Sederhana Agar Data Diri Di SIM Card Selalu Aman
Posted by admin

Berita Terbaru Teknologi Belakangan ini kasus pencurian data pribadi lewat SIM card perangkat smartphone, semakin marak terjadi. Beberapa orang mungkin memandangnya remeh, tapi sebetulnya ‘kartu kecil’ ini adalah kunci penting terhadap keamanan data pribadi.

Nama, alamat, NIK, foto hingga nomor telepon, sebagian besar data-data tersebut tersimpan di dalam SIM card, yang langsung terhubung ke internet. Jika para peretas dapat menyusup ke dalam perangkat, bukan tidak mungkin mereka dapat mengakses semua data-data tersebut.

Maka dari itu, untuk melindunginya ikuti beberapa tips berikut yang bisa diterapkan untuk mencegah SIM card dari pencurian data, dilansir Help Desk Geek dan Wired, antara lain :

 

Trik Sederhana Agar Data Diri Di SIM Card Selalu Aman

 

 

1. Lindungi perangkat dengan password yang kuat
Cara paling mudah bagi orang-orang jahat untuk membobol perangkat korban adalah dengan mencurinya. Jangan taruh perangkat di sembarang tempat tanpa pengawasan yang membuka peluang perangkat hilang atau tercuri.

Jika perangkat sudah terlanjur hilang atau dicuri, segera hubungi call center dan minta akun-akun yang terhubung di perangkat tersebut ditangguhkan sementara. Di saat seperti inilah peran password yang kuat dapat melindungi keamanan data-data pribadi kita.

2. Sebisa mungkin hindari akses WiFi publik
Bisa dapat kesempatan akses internet gratis di tempat umum siapa yang gak mau? Eits, kita juga mesti sadar bahwa kebanyakan koneksi WiFi gratis di tempat-tempat publik memiliki tingkat keamanan yang relatif rendah sehingga sangat rentan disusupi peretas.

Para peretas umumnya mengincar tempat-tempat publik seperti kafe, mall, atau restoran yang menyediakan WiFi gratis. Jika terpaksa harus menggunakan WiFi publik, kita dapat melindungi akses internet kita dengan menggunakan layanan VPN.

3. Jangan sembarangan share data pribadi ke media sosial
Media sosial secara praktis membuat kehidupan para penggunanya bisa terlihat oleh semua orang. Inilah celah bagi orang-orang jahat agar bisa menelusuri seluruh history media sosial korban untuk mencari informasi.

Mereka akan meneliti seperti apa kepribadian dan kebiasaan korbannya. Mereka bisa saja menipu penyedia layanan untuk mengganti SIM card baru dengan cara berpura-pura menjadi korban hingga akhirnya mereka bisa mendapatkan akses informasi korban, seperti email, password, bahkan akun bank.

4. Lapisi keamanan dengan otentikasi dua faktor
Kita juga dapat melindungi SIM card dari para peretas dengan menggunakan otentikasi dua faktor (2FA). Gunakan aplikasi seperti Google Authentication atau Microsoft Authenticator, untuk lapisan keamanan ekstra.

Dengan cara ini, otentikasi dikaitkan ke perangkat pengguna, bukan ke nomor telepon, sehingga membuat SIM card pengguna menjadi lebih aman.

5. Tambahan kode PIN
Tindakan keamanan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan kode PIN pada SIM card. Dengan melakukan ini, jika ada orang yang ingin merubah sesuatu pada SIM card kita, maka mereka memerlukan kode PIN tersebut. Kode PIN biasanya terdiri dari 6 sampai 15 digit, atur juga supaya kode tidak gampang ditebak.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi SIM card dari pencurian data pribadi. Sejatinya kita memang harus lebih aware terhadap pentingnya keamanan data pribadi agar tidak menjadi korban peretasan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave A Comment