Info Kebersihan Rumah

Tips-Tips Mencuci Selimut Berdasarkan Jenisnya

Tips-Tips Mencuci Selimut Berdasarkan Jenisnya
Posted by admin

GreenClean – Selimut merupakan salah satu item yang kita gunakan sehari-hari ketika tidur. Tak heran, karena pemakaian setiap hari tentu kotoran bisa menyelinap di selimut kita. Terlepas dari apakah itu tipe elektrik, bulu domba, atau wol, semua selimut Anda harus dicuci sesekali.Bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan selimut ? Berikut cara membersihkannya sesuai bahan selimut yaitu :

 

Tips-Tips Mencuci Selimut Berdasarkan Jenisnya

 

 

 

Tips Mencuci Selimut Bulu

Bagian initi dari selimut berbulu halus yaitu mempertahankan kesan super halusnya. Untuk mencegah pilling atau kekusutan, wash downy cover secara terpisah dengan air dingin dengan siklus yang lembut. Gunakan sedikit pembersih saja — lebih banyak menaruh cairan pembersih tidak akan membuat pembersihan Anda efektif. Memang, pembersih yang terlalu banyak dapat benar-benar menempel pada helai bulu halus dan menyebabkan penutup Anda terasa kurang halus.

Hindari penggunaan blanch, yang dapat merusak untaian atau memengaruhi warna sapuan. Karena wol poliester biasanya aman dari noda, pembersih air virus dengan pembersih harus membuat sarung berbulu halus Anda bersih. Untuk noda ekstrim yang susah dihilangkan, hilangkan terlebih dahulu dengan setetes cairan pencuci piring, biarkan menempel di tempat selama sekitar 10 menit sebelum menggososk dengan handuk kertas atau kain bahan. Setelah mencuci, gantung penutup wol hingga kering , atau masukkan ke pengering pada suhu rendah atau tanpa panas.

 

Tips Mencuci Selimut Tebal

Cara ideal untuk mencuci selimut berbobot akan bergantung pada rancangannya, termasuk jenis tekstur dan pengisi. Sarung berbobot dengan microbeads kaca atau pelet plastik harus baik-baik saja untuk pencucian, tetapi periksa petunjuk pembuat untuk aturan pencucian yang jelas.

Anda dapat mencuci sebagian besar selimut seberat 20 pon di mesin cuci pakaian unit keluarga Anda dengan siklus lembut dengan air dingin dan pembersih yang lembut. Hindari penggunaan fade, yang dapat merusak filamen sapuan setelah beberapa waktu, dan pembersih, yang dapat membuat pengembangan yang memberi kesan gatal pada selimut Anda.

Untuk noda kecil yang tidak membutuhkan pencucian maksimal, bersihkan tempat penutup yang tertimbang dengan larutan pembersih pakaian dan air hangat. Selain itu, jika mencuci penutup yang tertimbang merupakan kesulitan yang berlebihan, pertimbangkan untuk membeli selimut penutup (atau penutup berat yang menyertainya) yang dapat dengan mudah menghilangkan dan membuang ke mesin cuci pakaian saat sudah kotor.

Untuk mengeringkan , letakkan di pengering dengan siklus panas rendah, atau sebarkan di permukaan kering tanpa noda atau tepi bak mandi untuk mengeringkan udara. Pastikan sapuan tersebut menggantung secara seragam saat mengering sehingga tidak kehilangan teksturnya. Jika berat cover Anda lebih dari 20 pon, bawa ke tempat jasa cuci baju. Tempat jasa pencuci pakaian yang besar dan diperkirakan lebih siap untuk menangani selimut tebal.

Tips Mencuci Selimut Wol

Karena bulu domba biasanya menutupi tanah dan noda, Anda hanya perlu mencucinya beberapa kali setiap tahun. Di sela-sela waktu pencucian, Anda dapat menyegarkan selimut bulu dengan menggoyangkannya dan menyikatnya dengan sikat bertekstur bergetar lembut untuk menghilangkan tnoda. Untuk mencegah kerusakan pada helai sapuan, pastikan untuk menyikat dengan cara yang sama.

Sebelum mencuci, periksa petunjuk pertimbangan pembuatnya untuk memastikan itu tidak kering-bersih seperti sebelumnya. Jika penyapuan bisa dicuci dengan mesin, gunakan air dingin dan pembersih selimut bulu yang aman. Untuk memulainya, letakkan kedalam mesin cuci Anda dan biarkan menyerap air dan pembersih selama sekitar 15 menit. Kemudian pilih siklus yang rumit dan biarkan berjalan sekitar dua menit sebelum beralih ke siklus pencucian. Setelah selesai, gantung selimut bulu domba Anda agar tidak terkena sinar matahari langsung, yang dapat membuat rona tekstur menjadi kabur.Kemudian gulung cover dengan handuk dan tekan dengan hati-hati (jangan peras) untuk menghilangkan kelembaban berlebihan sebelum digantung. Hindari meletakkan selimut bulu di pengering, karena ini dapat merusak untaian sensitif dan mengakibatkan penyusutan atau rasa kasar dan gatal.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave A Comment