Info Kebersihan Rumah

Cara Terbaik Dalam Perawatan Karpet Vintage Tipe Wol

Cara Terbaik Dalam Perawatan Karpet Vintage Tipe Wol
Posted by admin

GreenClean – Permadani vintage yang indah bisa menjadi bagian yang menyatukan seluruh ruangan, menambah kedalaman, warna, dan tekstur pada ruang Anda. Namun, sama romantisnya dengan suara permadani antik yang unik , belum lagi keahlian tinggi dan pola indah yang dibawanya ke meja, itu juga dapat memperkenalkan kotoran dan debu selama beberapa dekade atau bahkan abad dari penggunaan sehari-hari di rumah Anda (kotor). Namun, Anda tidak perlu berkompromi dengan gaya, karena membersihkan permadani antik bisa sangat sederhana selama Anda tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Berikut tips dalam perawatan jenis karpet atau permadani ini yaitu :

 

Cara Terbaik Dalam Perawatan Karpet Vintage Tipe Wol

 

 

Pahami Dahulu Soal Karpet atau Permadani
Karena sebagian besar permadani vintage terbuat dari wol, mereka memerlukan pencucian tangan profesional, kata Ben Hyman, salah satu pendiri dan CEO Revival Rugs, sebuah perusahaan yang bekerja dengan pengrajin di Istanbul untuk menawarkan karpet berkualitas tinggi secara online. “Sebelum membeli karpet, tanyakan kepada penjual kapan karpet terakhir kali dibersihkan secara profesional,” katanya. Idealnya, ini telah dilakukan sebelum Anda melakukan pembelian.

Jangan mencoba DIY jika permadani Anda tampak sangat kotor.
“Mencuci tangan membutuhkan sampo dengan pH seimbang yang dikerjakan pada permadani dengan tangan menggunakan sikat berbulu lembut sebelum dibilas hingga bersih, dan diulangi beberapa kali,” jelas Hyman. Karena itu, dia merekomendasikan untuk membayar seorang ahli yang mengkhususkan diri pada permadani Oriental buatan tangan untuk melakukan pembersihan mendalam pertama. “Meskipun seorang DIYer yang ekstrim mungkin bisa melakukannya, ada risiko Anda bisa merusak karpet,” katanya.

Trik Membersihkan Dengan Penyedot Debu
Untuk pembersihan menyeluruh yang baik di rumah, gunakanlah penyedot debu. Sedot permadani di bagian atas, lalu balikkan dan sedot dari bawah juga, saran Tanya Meda, desainer House of Six Interiors. “Sungguh menakjubkan betapa banyak kotoran yang bisa keluar dari sini — saya dikenal sering membalik permadani beberapa kali sebelum saya merasa karpet itu benar-benar [bersih],” katanya. Melakukan ini sekali atau dua kali sebulan sudah cukup.

Jangan Membiarkan Noda Mengering
Lanolin, minyak alami yang ditemukan dalam wol, adalah pengusir noda alami, sehingga dapat memberikan garis pertahanan pertama dalam kasus yang tidak menguntungkan, misalnya, tamu pesta makan malam yang menuangkan sedikit anggur merah ke permadani Anda. Tetapi Anda tetap harus bertindak cepat jika terjadi tumpahan, kata Hyman. Tipnya: Jika noda tidak berminyak (seperti anggur), bersihkan dengan tisu dapur dan tambahkan sedikit air ke noda untuk mengencerkannya, ulangi proses ini sampai noda hilang. Jika noda kental atau berminyak, bersihkan apa yang Anda bisa dengan kertas tebal, kemudian coba teknik blot-and-bilas yang sama. Apa pun yang terjadi, tahan keinginan untuk menggosok, kata Hyman, karena dapat merusak serat dan membuat noda meresap lebih dalam.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave A Comment