Info Kebersihan Rumah

Tips Dan Trik Sederhana Membersihkan Talang Atap

Tips Dan Trik Sederhana Membersihkan Talang Atap
Posted by admin

GreenClean – Talang atap yang melapisi atap yang menjorok merupakan bagian penting dari sistem atap, terutama pada iklim yang mengalami curah hujan yang cukup. Bersamaan dengan downspouts dan ekstensi, sistem talang memastikan aliran air yang tepat dari atap dan jauh dari pondasi rumah. Sistem ini membantu melindungi dari pembusukan kayu dan kerusakan pada papan dan pelapis fasia atap, dan juga membantu menjaga ruang bawah tanah atau crawlspace Anda tetap kering dengan mengarahkan air jauh dari fondasi.

Talang atap dan talang air dapat tersumbat oleh dedaunan dan puing-puing yang menghalangi pengoperasian sistem dengan benar, jadi menjaga kebersihan dan aliran air dengan bebas sangat penting. Penyumbatan selokan sangat mungkin terjadi pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, seperti di musim semi ketika pohon mengeluarkan biji, dan di musim gugur ketika daun-daun berguguran.

Untungnya, membersihkan talang dan pipa bawah adalah pekerjaan yang cukup mudah, dan beberapa kali pembersihan setiap tahun akan membuatnya mengalir dengan lancar. Namun, pekerjaan ini melibatkan pengerjaan tangga. Pastikan Anda memiliki tangga tambahan kokoh yang cukup panjang untuk mencapai tepi atap Anda dan selalu ikuti praktik yang aman saat menggunakan tangga. Pastikan alas bertumpu pada permukaan yang kokoh dan rata, dan hindari bersandar saat mengerjakan tangga. Lebih baik sering-sering memindahkan tangga daripada mengambil risiko jatuh . Hal pertama yang perlu Anda putuskan adalah bagaimana Anda akan mengumpulkan daun dan materi lain yang Anda keluarkan dari talang. Metodenya akan berbeda-beda, tergantung apakah bahan di talang lembab dan basah, atau kendur dan kering.

Membersihkan talang tidak terlalu berantakan jika isinya kering dan lepas, tetapi terkadang Anda perlu membersihkannya saat kotoran basah. Jika isi talang basah, Anda dapat menggunakan apa yang disebut metode scoop and drop atau metode ember talang. Ada 3 metode untuk membersihkannya yaitu :

1. Metode Scoop and Drop
Metode ini melibatkan pengambilan selokan dan menjatuhkan isinya ke terpal plastik atau kain pelapis yang tergeletak di tanah di bawahnya. Cara ini paling cepat, dan yang harus Anda lakukan hanyalah memindahkan terpal plastik di sepanjang tanah saat Anda memindahkan tangga. Saat terpal penuh, buang saja daunnya ke tempat sampah kompos atau kantong sampah.

2. Metode Ember Talang
Metode ember selokan cukup umum dan melibatkan penggunaan ember plastik dengan pegangan logam. Potong pegangannya menjadi dua di tengah. Kemudian, tekuk kedua ujung gagang menjadi bentuk kait yang kemudian Anda kaitkan ke tepi talang. Anda cukup mengeluarkan kotoran dari selokan dan mengosongkannya ke dalam ember. Bersiaplah untuk banyak memanjat dan menuruni tangga untuk mengosongkan ember saat Anda mengisinya.

3. Metode Kantong Talang
Cara ini cocok untuk membersihkan debis jika talang kering. Ambil ember plastik dan potong dan tekuk pegangannya sehingga bisa dikaitkan di tepi talang saat Anda bekerja. Di sini, Anda juga akan memotong bagian bawah ember, membuat ember tanpa dasar. Sekarang, kencangkan kantong sampah di sekitar ember tepat di bawah pegangan logam. Anda dapat mengikatnya dengan erat menggunakan karet gelang besar, lakban, atau tali Velcro besar.

Saat Anda memasukkan daun kering ke dalam ember, daun tersebut akan disalurkan ke kantong sampah. Cara ini cocok untuk daun kering yang tebal tapi ringan, tetapi tidak akan berhasil dengan kotoran selokan yang berat dan basah. Pastikan tas tidak terlalu penuh sehingga terlalu berat untuk mudah dibawa menuruni tangga. Gunakan penilaian yang baik dengan mengingat keamanan setiap kali mengerjakan tangga.

Berikut cara membersihkan talang atap yaitu :

Alat yang dibutuhkan :
-Tangga
– Ember plastik dengan pegangan kawat
-Sarung tangan kerja
-Leaf scooper
-Selang taman
-Tempat sampah
-Rags

 

Tips Dan Trik Sederhana Membersihkan Talang Atap

 

 

Langkah-langkahnya :

-Pilih Scoop
Setelah Anda memilih metode ember, sekarang saatnya untuk bagian produktif — membersihkan talang. Anda dapat menggunakan sejumlah alat untuk mengambil isinya dari selokan dan masuk ke dalam ember. Anda bisa membuat scooper Anda sendiri dari kendi plastik dengan pegangannya, tetapi sekop atau sekop taman juga bisa digunakan. Anda bahkan bisa menggunakan peralatan dapur lama, seperti spatula.

-Gunakan tangga dan posisikan dengan tepat
Tangga tambahan biasanya paling baik saat bekerja di sepanjang tepi atap, dan merupakan satu-satunya pilihan saat mengerjakan rumah dua lantai. Dengan rumah satu lantai, Anda mungkin bisa melakukan pekerjaan ini di tangga yang tinggi. Tangga apa pun yang Anda gunakan, jangan pernah naik di atas tingkat teratas yang ditetapkan oleh produsen tangga. Jika Anda tidak memiliki tangga yang cukup panjang untuk melakukan pekerjaan itu dengan aman, sewa atau pinjamlah yang sudah cukup.

Pastikan tangga berada di atas alas yang rata dan stabil. Hindari tanah basah, di mana kaki tangga dapat tenggelam. Dengan tangga tambahan, pastikan bagian atas tangga bertumpu kuat pada selokan atau di samping rumah, dan tangga berada pada sudut yang sesuai.

-Bersihkan Talang
Gunakan metode yang Anda pilih (sendok dan jatuhkan, ember, atau tas) untuk mengambil daun dan kotoran dari talang. Kerjakan di bagian pendek di sepanjang talang, dan jangan menjangkau terlalu jauh dari tangga. Jaga tubuh Anda tetap tegak, dan raih Hanya sejauh yang Anda bisa tanpa bersandar dari tangga. Anda perlu sering-sering memindahkan tangga, tetapi keamanan sangat penting di sini.

-Bersihkan bagian Downspouts
Setelah talang atap dibersihkan dari puing-puing, pastikan downspouts dibersihkan. Jika downspout Anda memiliki pipa ekstensi horizontal, lepaskan ini untuk membersihkan downspouts.

Ambil selang dan tempatkan ke downspout dari bukaan atas tempat talang masuk ke dalamnya. Minta asisten untuk menyalakan air dan memeriksa aliran downspout.

Jika downspout tersumbat, bersihkan dengan mengemas bukaan downspout di sekitar selang dengan kain lap, lalu segel selang rapat. Nyalakan keran air hingga terbuka lebar untuk membuat tekanan sebanyak mungkin. Perhatikan ujung downspout untuk menghilangkan sumbatan. Jika penyumbatan masih ada, lepaskan selang dan bersihkan secara manual menggunakan pipa ledeng. Beri makan ular dari atas downspout hingga mengenai halangan, yang biasanya akan ditemukan di lengkungan pipa downspout.

Setelah Anda merasa downspout sudah dibersihkan, uji alirannya dengan mengalirkan air melaluinya. Jika downspout Anda memiliki pipa ekstensi horizontal, periksa juga apakah ada penyumbatan dan bersihkan semua penghalang yang Anda temukan.

-Bilas Talang dan Downspouts
Setelah talang dan talang dibersihkan, bilas untuk membersihkannya dan menghilangkan kotoran yang tersisa. Masukkan selang ke selokan di bagian terjauh dari bukaan pipa bawah, dan nyalakan air. Jika atapnya tidak terlalu tinggi, Anda mungkin bisa melakukannya hanya dengan menyemprotkan aliran air ke atap dekat ujung selokan. Biarkan air mengalir selama beberapa menit, hingga air yang mengalir keluar dari pipa bawah bersih dan bebas dari kotoran.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave A Comment