Info Kebersihan Rumah

Tips Tepat Dalam Membersihkan Papan Tulis

Tips Tepat Dalam Membersihkan Papan Tulis
Posted by admin

GreenClean – Sementara papan tulis masuk ke pasar pada tahun 1960-an, mereka lepas landas pada tahun 1990-an di hampir setiap perusahaan dan sekolah. Saat ini, papan tulis tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari genggam hingga seluruh dinding. Dengan menggunakan jenis penanda hapus kering yang tepat, mereka bagus untuk alur kerja sampai jejak tulisan dan gambar masa lalu tertinggal. Ada banyak pembersih komersial dan buatan sendiri yang akan berhasil membersihkan papan berdasarkan jenis papan tulis dan usianya.

Ada tiga jenis papan tulis:

Kaca
Dianggap sebagai papan tulis teratas, papan kaca dibuat dari kaca temper. Meskipun ini adalah papan tulis termahal di pasaran, papan tulis ini tidak akan meleset atau meninggalkan bekas tulisan sebelumnya.

Porcelain
Mirip dengan finishing pada mesin cuci dan pengering, papan tulis porselen terbuat dari baja dengan finishing keramik putih. Papan ini lebih tahan terhadap ghosting dan kerusakan karena sering dibersihkan.

Melamin
Papan tulis paling ekonomis, melamin adalah lapisan laminasi yang lebih berpori. Pembersihan berulang akan merusak lapisan dan menyebabkan ghosting yang signifikan dari marker. Papan melamin sebaiknya tidak digunakan untuk menulis yang akan ditinggalkan di papan untuk waktu yang lama.

Produk pembersih untuk setiap jenis papan serupa dan papan melamin dapat direkondisi untuk meningkatkan kinerja.

Jika memungkinkan, papan tulis harus dihapus setiap hari untuk membantu mencegah ghosting. Noda dari tangan, cipratan makanan, dan residu lengket dari selotip harus dibersihkan saat terjadi atau setiap hari. Residu berminyak merusak kinerja papan tulis. Pembersihan yang lebih menyeluruh dan rekondisi papan tulis harus didasarkan pada frekuensi penggunaan.

Alat yang dibutuhkan :
-Kain mikrofiber
-Penghapus kering papan tulis
-Botol semprotan
-Langkah tinja

Bahan
-Spidol
-Isopropil (gosok) alkohol atau pembersih komersial
-Carnauba wax

 

Tips Tepat Dalam Membersihkan Papan Tulis

 

 

Langkah-langkahnya :
1. Cara Membersihkan Papan Tulis
Bekas noda yang sulit dihilangkan di papan tulis sering kali dapat dihilangkan dengan menutupinya dengan tinta spidol baru yang dapat dihapus dan kemudian menggunakan pembersih papan tulis untuk pembersihan yang lebih menyeluruh.

Warnai Tanda
Dengan menggunakan spidol hitam yang bisa dihapus, tutupi sepenuhnya tanda yang mengganggu dengan tinta baru. Lakukan blok tinta padat seolah-olah Anda sedang “mewarnai” bagian papan yang bernoda. Hitam adalah pilihan warna yang bagus untuk tinta segar karena akan memberikan cakupan yang lebih luas daripada marker yang berwarna lebih terang.

Biarkan Penanda Kering
Biarkan tinta hitam segar benar-benar kering. Tinta baru akan “menempel” ke tinta lama untuk membantu mengangkatnya.

Hapus Tinta
Gunakan penghapus kering papan tulis untuk menghapus tinta hitam. Jika masih ada bekas dari tanda aslinya, ulangi langkahnya.

Singkirkan Residu Yang Ringan
Menghapus tinta sering kali akan meninggalkan partikel tinta kering yang terlihat seperti debu hitam. Basahi sedikit kain mikrofiber dengan air dan seka semua partikel yang tertinggal di papan.

Semprotkan pada Pembersih
Apakah Anda memilih untuk menggunakan alkohol isopropil (gosok) atau pembersih papan tulis komersial, papan sekarang harus dibersihkan secara menyeluruh. Semprotkan sedikit papan dengan pembersih, mulai dari bagian atas papan. Jika Anda tidak dapat dengan mudah mencapai bagian atas papan, gunakan bangku kecil yang kokoh.Tambahkan sedikit lebih banyak pembersih pada noda dengan residu lengket atau noda.

Seka Papan Tulis
Dimulai dari atas untuk menampung tetesan, seka papan menggunakan kain mikrofiber bersih. Microfiber tidak akan meninggalkan serat di papan tulis.

Keringkan
Biarkan papan mengering sepenuhnya sebelum digunakan kembali.

2. Cara Merekondisi Papan Tulis Melamin
Ketika papan tulis melamin menjadi aus dan tidak dapat lagi dihapus, rekondisi dapat membuatnya dapat digunakan selama beberapa bulan. Ini bukan perbaikan permanen dan tidak akan memulihkan papan ke kondisi semula. Papan porselen dan kaca jauh lebih tahan lama dan tidak perlu direkondisi.

Bersihkan Papan Tulis Secara Menyeluruh
Ikuti langkah-langkah untuk membersihkan papan tulis sebelum merekondisi. Periksa dengan hati-hati bahwa semua residu lengket dari selotip dan kotoran telah hilang dan pastikan papan benar-benar kering sebelum mengambil langkah selanjutnya.

Oleskan Carnauba Wax
Oleskan lilin karnauba dalam jumlah banyak ke papan tulis. Lilin biasanya ditemukan di bagian mobil otomotif di toko merchandising massal. Pasta akan tersedia dengan bantalan aplikator atau Anda dapat menggunakan kain katun kecil. Pastikan untuk menutupi seluruh papan.

Biarkan Lilin Mengering
Lilin harus benar-benar kering sebelum mengambil langkah berikutnya. Ini mungkin membutuhkan waktu 24 hingga 48 jam. Saat lilin sudah kering, warnanya akan agak kuning.

Gosok Lilin
Saat lilin sudah kering, gunakan kain mikrofiber untuk menghilangkan sisa lilin. Kerjakan dalam bagian-bagian kecil mulai dari atas. Berikan tekanan yang stabil untuk memastikan Anda membersihkan semua lilin. Saat semua lilin telah dibersihkan, gunakan kain mikrofiber bersih sebagai penggosok akhir untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal di papan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave A Comment